Thursday, July 18, 2013

Review: 1408 (2007)


Film ini tentang John Cusack yang ceritanya tuh dia jadi penulis buku horor. Dia selalu pergi ke tempat-tempat misterius atau angker dan nulis report tentang tempat itu. Dari laporan-laporan itulah akhirnya dijadikan buku horor. Walau penulis horor, si John ini kayaknya enggak terlalu percaya sama hantu dan hal-hal gaib lainnya.

Di dalam film ini, ceritanya si John lagi pengen ngumpulin laporan tentang hotel-hotel berhantu. Dia akhirnya pergi ke berbagai hotel yang punya gosip atau rumor hantu, tapi... dia cukup kecewa karena hampir enggak ada hotel yang bener-bener sesuai sama keinginannya. Sampai pada suatu hari dia dapet surat/kartu pos yang bertulis (kira-kira): jangan nginep di hotel dolphin kamar 1408. Dan seperti sifat manusia lainnya, kalau dilarang ya malah jadi tambah penasaran, akhirnya si John pergi ke hotel Dolphin.

Di sini, Samuel L. Jackson ternyata jadi pemilik hotel. Dia udah ngelarang John buat nginep di kamar itu, tapi jelas aja si John maksa dooong (kalau gak jadi nginep kan gak seru, filmnya abis dong?!). Setelah berdebat cukup lama, akhirnya si John diijinin nginep selama satu malam. Si Samuel juga udah ngingetin kalau banyak banget korban mati di kamar itu, bukan bunuh diri biasa atau dibunuh seseorang, tapi murni karena gila akibat efek dari kamar 1408 itu.

Dan akhirnya John berhasil nginep. Walau cuma satu malam, rasanya tuh panjaaaang banget. John ngelihat hal-hal aneh dan ngalamin kejadian di luar dugaan. Dia yang awalnya gak terlalu percaya hal-hal gaib, kali ini malah ketakutan abis. Setiap dia pengen minta tolong, usahanya sia-sia, seolah kamar 1408 itu cuma satu-satunya kamar di dunia, and he's completely alone. Di dalam kamar itu, dia seolah diingatkan sama masa lalunya, soal semua kesalahan-kesalahannya, dll.

Film ini emang film horor, tapi bukan tipe film yang bakal nunjukin penampakan ala hantu cewek berbaju putih dan berambut panjang. Tidaaaakk....

No comments:

Post a Comment